Hoax Surat Edaran Permintaan Kelengkapan Data Sekolah

hoax-surat-edaran-permintaan-data
Beberapa hari terakhir beredar surat edaran yang mengatasnamakan Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag RI. Surat tersebut dikirimkan melalui surat elektronik (email) secara random ke alamat surel sekolah/madrasah.

email-hoax
Surat elektronik yang dikirim oleh alamat surel databasekemenag.ri@gmail.com tersebut berisi permintaan kelengkapan data sekolah berupa daftar nama kepala sekolah dan guru lengkap dengan nomor telepon rumah dan handphone.

Jika kita perhatikan mulai dari kop surat, redaksi, penggunaan huruf, hingga stempel maka dapat kita simpulkan dengan mudah bahwa surat edaran ini palsu belaka alias hoax.

Jika dilihat dari alamat surel pengirimnya, maka jelas surat tersebut hoax. Surel resmi Kementerian Agama RI tentu berakhiran @kemenag.go,id bukan @gmail.com, @yahoo.com, atau penyedia surel umum lainnya.

Hoax surat edaran seperti ini tentu sangat berbahaya jika sekolah/madrasah yang menerima surel tersebut kemudian membalasnya dengan data valid nama dan nomor telepon para guru dan kepala sekolah. Data yang mereka kumpulkan tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan marketing, disalahgunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal lainnya.

Jadi, harap berhati-hati.